Pertemuan Desk Data Bidang Kesehatan dalam Rangka Penyusunan Pelaporan  Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya Tahun 2023

Pertemuan Desk Data Bidang Kesehatan dalam Rangka Penyusunan Pelaporan Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya Tahun 2023


Dalam rangka menjawab tuntutan pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2022 tentang Satu Data Kesehatan dimana pada pasal 3 ayat 2 menyatakan Satu Data Bidang Kesehatan harus dilakuan berdasarkan prinsip bahwa data yang dihasilakan oleh Produsen Data Kesehatan memenuhi Standar Data, memiliki Metadata, memenuhi kaidah Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan/atau Data Induk, dipertegas pada Pasal 11 ayat 1 menyatakan Puskesmas dan Dinas Kesehatan wajib menerbitkan Profil Kesehatan yang berisi Informasi Kesehatan minimal satu kali dalam setahun. Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya melalui sub bagian Program Informasi dan Humas mengadakan pertemuan desk data bidang kesehatan selama 3 hari mulai tanggal 28 Februari s/d 1 Maret 2024 di Hotel Umega, Gunung Medan.

Peserta peremuan sebanyak 90 orang yang terdiri dari seluruh pengelola data program di Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Kasubag Umum dan Kepegawaian serta Kasi Pelaporan Evaluasi dan Informasi dari RSUD Sungai Dareh, Kasubag Tata Usaha dari RSUD Sungai Rumbai, Ka. Tata Usaha, PJ UKM, PJ UKP dan Pengelola SIK dari Puskesmas se-Kab. Dharmasraya. Kegiatan Desk Data Bidang Kesehatan bertujuan untuk :

a.    Verifikasi data capaian program sehingga adanya sinkronisasi data antara Puskesmas dan Dinas Kesehatan

b.    Persamaan persepsi antara puskesmas dengan Dinas Kesehatan terhadap defenisi operasional dari setiap data tabel yang disajikan dalam laporan profil kesehatan.

Narasumber dari kegiatan ini dari BPS Kabupaten Dharmasraya menyampaikan materi mengenai peran BPS sebagai pembina data, BAPPERIDA Kabupaten Dharmasraya memberikan materi mengenai peran BAPPERIDA sebagai sekretariat data, dan Dinas KOMINFO memberikan materi mengenai peran Dinas KOMINFO sebagai walidata.