Memperingati Hari Rabies Sedunia

Memperingati Hari Rabies Sedunia
Hewan Penular Rabies
Memperingati Hari Rabies Sedunia Tanggal 28 September 2017

Oleh : Muhardison, MPH

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Bidang P2P Dinkes Dharmasraya

Edukasi, Vaksinasi

Hari Rabies Sedunia adalah hari yang diperingati setiap tahun pada tanggal 28 September. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan rabies dan untuk menyoroti kemajuan dalam mengalahkan penyakit mengerikan ini.

Rabies atau penyakit anjing gila sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Hasil laporan puskesmas, data kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) Anjing, kucing, dan kera di Kabupaten Dharmasraya dari tahun 2006 sampai dengan bulan Juli 2017 cenderung untuk meningkat. Berikut ini dapat digambarkan kasus gigitan hewan penular rabies.

null

Rabies merupakan penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat (otak) disababkan oleh virus rabies. Penyakit ini merupakan kelompok zoonosa yaitu penyakit infeksi yang ditularkan oleh hewan ke manusia melalui pajanan atau gigitan hewan Penular Rabies (GPHR) yaitu Anjing, Kucing, Kera, Musang.

Dalam rangka memperingati hari rabies ini yang jatuh pada hari Kamis tanggal 28 September 2017 Dinas Kesehatan melaukan berberapa kegiatan diantaranya melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Bidang Peternakan untuk melakukan langkah-langkah kebijakan dengan membuat Perda tentang Pencegahan dan Pengendalian Rabies, sosialisasi dan penyuluhan rabies, dam meyediakan informasi-informasi di media cetak dan sosial yang berkenaan dengan pencegahan dan pengendalian rabies. (ajo/dinkes)

Share Berita

Komentar Berita