UPACARA SERENTAK DALAM RANGKA HARI KANKER SEDUNIA

UPACARA SERENTAK DALAM RANGKA HARI KANKER SEDUNIA
katua IDI

Dinas Kesehatan, 03/02/2020

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia (Word Cancer Day/WCD) yang jatuh pada tanggal 04 Februari setiap tahunnya, Kabupaten Dharmasraya melaksanakan upacara di 14 Sekolah secara serentak dengan pembina upacara dari Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia yang mana kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada hari ini tanggal 03 Januari 2020.

Ketua IDI wilayah Kab. Dharmasraya dr. Emal Suhedi memimpin upacara hari Kanker Sedunia di SMA Unggul Dharmasraya yang didampingi oleh Kasi Surveilance dan Imunisasi beserta staf Dinas Kesehatan yang diikuti oleh seluruh anggota IDI di wilayah puskesmas masing-masing dengan didampingi petugas Puskesmas memberikan pengarahan tentang biaya kanker terhadap siswa/i SMA sederajat.

Data Globocan menyebutkan terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan didunia dinyatakan sebagai penderita kanker yang mana 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan meninggal karena kanker. Angka penderita di Indonesia dinyatakan berada pada urutan ke-8 di Asia Tenggara sedangkan di Asia urutan ke-23, angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk laki-laki adalah kanker paru dengan rata-rata kematian 10,9% Sedangkan untuk perempuan yang tertinggi adalah kanker payudara dengan rata-rata kematian 17%.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejak dini apa itu kanker pada siswa/i SMA sederajat, dimana kanker merupakan pembunuh nomor 2 di sunia yang sudah banyak menyedot dana BPJS, sehingga perlu dilakukan pencegahan secara dini, selain upacar serentak se-Dharmasraya, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas melakukan deteksi dini kanker serviks (IVA test), kanker payudara (SADARI) dan penemuan dini kanker pada anak yang serentak dilaksanakan mulai tanggal 04 s.d 05 Februari 2020. Hal ini bertujuan untuk penemuan dini kanker dan edukasi bahaya kanker kepada masyarakat.

Kanker tertinggi saat ini di Dharmasraya adalah kanker payudara untuk itu Dinas Kesehatan menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama pada Wanita Usia Subur (WUS) yang sudah berpasangan datang ke Puskesmas untuk pemeriksaan IVA test, sadari dan deteksi dini kanker pada anak secara gratis di wilayah Puskesmas masing-masing.

Ayo cegah Penyakit Tidak Menular (PTM) terutama kanker dengan CERDIK (Cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin berolaharaga, Diet yang sehat, Istirahat yang cukup dan Kelola stress dengan baik).

BAGIKAN SENYUMMU DENGAN MEMBUAT MEREKA TERSENYUM

@BidangP2P

SALAM SEHAT

HUMAS DINKES

Share Berita

Komentar Berita