277 ORANG CALON JEMAAH HAJI MELAKUKAN TES KEBUGARAN

277 ORANG CALON JEMAAH HAJI MELAKUKAN TES KEBUGARAN
tes kebugaran cjh

Dinas kesehatan, (27/02/2020)

Dalam rangka perlindungan terhadap jemaah haji agar dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat islam, Kepala Dinas kesehatan dr. Rahmadian berserta jajarannya didampingi oleh staf kementerian agama melakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan kepada calon jemaah haji (CJH) sejak dini yang dilaksanakan di sport center Dharmasraya, Kamis (27/02/2020).

Kegiatan ini dilakukan karena kesehatan merupakan satu dari tiga syarat istithaah (kemampuan) dalam melaksanakan ibadah haji, yaitu pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan.

Menunaikan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam dan semua umat Islam berkeinginan untuk dapat menunaikannya. Sebanyak 277 orang calon jemaah haji di Kabupaten Dharmasraya tahun 2020 ini sangat bersemangat dalam melaksaakan gegiatan kebugaran tersebut.

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah fisik yang memerlukan waktu cukup lama dan bertempat di luar negeri yang memiliki kondisi lingkungan yang berbeda dengan negara Indonesia, sehingga memerlukan kondisi tubuh yang bugar. Untuk mendapatkan kondisi tubuh yang bugar, Calon Jemaah Haji (CJH) harus mempersiapkan jauh-jauh hari dengan cara berlatih fisik/olahraga.

Sebelum melakukan latihan fisik, setiap CJH perlu mengikuti Pengukuran Kebugaran sehingga CJH tahu kondisi tubuhnya, apakah tingkat kebugarannya dalam kategori baik, cukup, atau kurang. Sehingga latihan fisik yang dilakukan sesuai dengan porsi atau kondisi fisik masing-masing CJH. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji menyatakan bahwa untuk mewujudkan istithaah kesehatan jemaah haji maka perlu pembinaan dan pelayanan kesehatan jemaah haji sejak dini agar setiap CJH dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Agar kegiatan pengukuran kebugaran CJH dapat berlangsung terus, maka perlu kordinasi dan kejasama lintas sektor dan mendapat dukungan penuh dari pemerintah kabupaten dharmasraya dan kementerian agama demi mewujudkan CJH yang memenuhi syarat istithaah kesehatan haji. Semoga CJH kabupaten dharmasraya tahun 2020 dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancer, aman, dan tetap bugar sehingga dapat mencapai haji yang mabrur.

Amin yaa robbal Alamin .

SALAM SEHAT

HUMAS DINKES

Share Berita

Komentar Berita