Memperingati Hari Kusta Sedunia 2022

Memperingati Hari Kusta Sedunia 2022
kusta

Hari Kusta Sedunia atau World Leprosy Day selalu diperingati setiap hari Minggu terakhir di bulan Januari. Peringatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kusta yang terabaikan. Penyakit kusta masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia karena menimbulkan masalah yang sangat kompleks dan memerlukan perhatian dari semua pihak. Kusta tergolong kepada kelompok Neglected Tropical Disease (NTD) atau Penyakit Tropis Terabaikan yang ada di Indonesia. Penyakit kusta bermanifestasi pada jaringan kulit dan saraf, apabila tidak diobati dengan benar dapat menimbulkan disabilitas. Kondisi ini bukan saja berpengaruh pada fisik penderitanya melainkan juga pada social ekonomi penderita dan keluarganya. Di samping itu stigma akibat disabilitas merupakan masalah lain dari pengendalian penyakit kusta.

Berdasarkan data yang ada, terdapat enam (6) provinsi yang masih belum eliminasi kusta, yaitu Papua Barat, Papua, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara,dan Sulawesi Barat. Berdasarkan data Triwulan 3 Tahun 2021 masih terdapat kasus terdaftar sebanyak 10.315 kasus dengan jumlah kasus bar sebanyak 6.246 kasus. Hal ini menunjukkan bahwa kusta masih menjadi permasalahan di Indonesia.

Dalam pencegahan dan pengendalian kusta di Indonesia, telah dikeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, nomor 11 tahun2019 tentang Penanggulangan Kusta. Sementara untuk memberikan acuan bagi fasilitas pelayanan kesehatan dalam menyusun standar prosedur operasional juga telah dikelurkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/308/2019 tentang Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tatalaksana Kusta. Diharapkan target eliminasi kusta dengan prevalensi 1/10.000 penduduk tingkat kabupaten kota tahun 2024 dapat tercapai, serta tidak adanya cacat pada pasien kusta yang ditemukan.

Pada peringatan HKS tahun2022 diharapkan dapat menjadi momentum yang sangat tepat dan strategis untuk mengingatkan kembali serta menyebarluaskan kepada masyarakat tentang pemahaman yang benar tentang penyaki kusta sekaligus mengurangi stigma dan diskriminasi. Untuk itu, pada tahun2022, Peringatan Hari Kusta Sedunia mengusung Tema Global " United for Dignity" , dengan Tema Nasional "Mari Bersama Hapuskan Stigma dan Diskriminasi Kusta"

Share Berita

Komentar Berita