Selamat Hari Ginjal Sedunia tahun 2024

Selamat Hari Ginjal Sedunia tahun 2024


Tanggal 7 Maret 2024 diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day (WKD) yang merupakan peringatan untuk mengkampanyekan kesadaran penduduk dunia terhadap pentingnya kesehatan ginjal. Tema peringatan tahun ini adalah “Memajukan akses yang adil terhadap layanan dan praktik pengobatan yang optimal”

Ginjal merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh manusia. Di mana fungsi utama ginjal adalah menyaring darah, membuang sisa-sisa produk atau limbah dari tubuh, mengendalikan tekanan darah, serta mengontrol keseimbangan cairan tubuh.

Mengingat peran ginjal dalam menjaga kesehatan tubuh sangat penting, menjaga ginjal dari risiko penyakit menjadi kunci untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan fisiologis yang optimal. Berikut berbagai cara mencegah penyakit ginjal yang mudah untuk dilakukan.

Minum Air Mineral Secukupnya

 Memastikan kebutuhan asupan cairan terpenuhi penting untuk menjaga fungsi ginjal yang optimal. Pasalnya, air mineral dapat membantu dalam proses penyaringan dan mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi air mineral sebanyak 2 liter dalam satu hari untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Hindari Konsumsi Vitamin C Berlebihan

Kebutuhan vitamin C setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan tingkat aktivitas individu. Karena itu, vitamin C dengan dosis tinggi tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang karena dapat membebani kerja organ ginjal. Selain itu, beberapa produk suplemen vitamin C juga mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dapat memicu penyakit diabetes. 

Konsumsi vitamin C 1000 mg perlu dibarengi dengan minum air mineral sebanyak 2 liter dalam sehari dan berdasarkan rekomendasi dari dokter atau profesional kesehatan.

Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur

 Aktivitas fisik teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan sirkulasi darah, dan mendukung kesehatan ginjal. Perlu diketahui, seseorang dengan aktivitas fisik yang rendah akan lebih mudah terkena penyakit ginjal dibandingkan orang dengan aktivitas fisik yang tinggi. Tak hanya itu, banyak beraktivitas fisik juga dapat mencegah munculnya penyakit diabetes melitus atau kencing manis, hipertensi, serta obesitas.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melatih fisik secara teratur. Anda dapat memulainya dengan rajin berolahraga dari aktivitas fisik yang ringan dan meningkatkannya secara bertahap. 

Hindari Menahan Buang Air Kecil Terlalu Sering

 Sering menahan buang air kecil dapat menjadi salah satu faktor gagal ginjal. Cara mencegah penyakit ginjal selanjutnya adalah dengan menghindari menahan kencing hingga berjam-jam terlalu sering. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih hingga batu ginjal.