HARI PEKAN PEDULI HEPATITIS B

HARI PEKAN PEDULI HEPATITIS B


Dinas kesehatan, Jumat (04/2019)

Hepatitis B penyakit yang banyak ditemukan di dunia dan dampak utamanya adalah kesakitan dan kematian, lebih dari 2 miliyar penduduk sudah terinfeksi virus Hepatitis B. angka Prevalensi di indonesia berkisaran 3-20%. di Kabupaten Dharmasraya infeksi Hepatitis B pada ibu hamil tahun 2018 ada 23 kasus sedangkan pada Tahun 2019 ada 28 kasus. penyakit Hepatitits B menular melalui hubungan seksual, kontak darah melalui kulit terbuka dan jarum suntik ibu ke bayinya. virus Hepatitis B lebih berbahaya dari pada HIV-HAID di karenakan penularannya 100 kali lebih cepat. virus lebih tahan lama dan bisa hidup di luar tubuh manusia satu minggu hingga berbulan-bulan di alat-alat medis, serta virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati dan selanjutnya meninggal.


upaya pencegahan penanggulangan secara fokus dan optimal dalam rangka pengendalian Hepatitis B termasuk di Kabupaten Dharmasraya melalui program kesehatan seperti meningkatkan informasi dan konseling kepada msyarakat, skrining kasus pada kelompok beresiko seperti ibu hamil, memberikan obat pada ibu hamil dengan ibu positif Hepatitis B pada bayi dan balita.

pada Pekan Peduli Hepatitis B ini mari kita semua waspada terhadap Hepatitis B dengan menghindari resiko penularannya serta mengajak semua msyarakat untuk hidup sehat dan bersih dimulai dari kita dan keluarga. "keluarga sehat, generasi bebas dari Hepatitis B"